RPP Expressing Intention



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                : SMAN 2 TEMBILAHAN
Mata Pelajaran     : BAHAS INGGRIS
Kelas/ Semester   : X/GANJIL
Materi Pokok       : EXPRESSING INTENTION
Alokasi Waktu    : 90 Menit (2 Jam Pelajaran)

A.    Kompetensi Inti (KI)

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, menyaji,dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Indikator
3.3  Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to).
3.3.1. Mengemukakan fungsi sosial  teks interaksi transaksional lisan dan tulis tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.
3.3.2. Menentukan  struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.
4.3.   Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3.1. Menyusun  ungkapan-ungkapan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

C.     Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik, model pembelajaran discovery, dan strategi collaborative peserta didik mampu menyusun  ungkapan-ungkapan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan ketaqwaan, tanggung jawab, santun, responsif, dan kerja sama.



D.    Materi Pembelajaran 
1.    Materi pembelajaran regular
Interaksi antara guru dan peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan pernyataan niatyang dapat menumbuhkan perilaku
·         Fungsi Sosial
To state plans or something intended to do in the future.
·         Struktur Teks
Memulai dan menanggapi teks interpersonal lisan dan tulis.
·           Unsur Kebahasaan
Simple Future Tense to Express Intention
b.  be going to =Akan/Mau
I   am   going to    watch movie.
I am not going to watch movie.
Are you going to market?
a.     will = Akan/Mau
So many stuffs  you are carrying. I  will   help  you .
(Begitu banyak barang yang kamu bawa. Saya akan membantu kamu.)
Mommy is in Jakarta now. Will you call her?
(Ibu berada di Jakarta sekarang. Akankah kamu menelpon dia?)
Your score is bad. What  will  you say to your parents?
(Nilaimu buruk. Apa yang akan kamu katakan kepada orang tuamu?)
 
b.  be going to =Akan/Mau
I   am   going to    watch movie.
I am not going to watch movie.
Are you going to market?

E.    Pendekatan, Model, dan Strategi Pembelajaran
Pendekata : Saintifik
Model        : Discovery learning (Penemuan)
Strategi      : Collaborative, Discussion

F.      Madia/alat/bahan/sumber
1.    Media : Proyektor, Notebook
Modul
2.    Alat/Bahan :
Spidol
3.    Sumber Belajar
·      Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X Kemendikbud Revisi 2016
·      www.grammarbank.com

G.      Kegiatan Pembelajaran
1.        Kegiatan Pendahuluan
a.         Mengucapkan salam dan berdoa.
b.        Memeriksa kehadiran siswa.
c.         Memotivasi peserta didik untuk semangat belajar.
d.        Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait ungkapan memparkan niat.
e.         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.




2.        Kegiatan Inti

Fase 1 : Stimulation (Pemberian  stimulus)
Mengamati (Sikap Tanggung Jawab)
a.         Guru memberikan gambar stimulus.
b.        Siswa mengamati gambar orang yang berniat melakukan sesuatu.
c.         Siswa membaca karakteristik bahasa yang digunakan untuk memaparkan niat.
d.        Siswa membaca contoh ungkapan memaparkan niat melakukan suatu tindakan.

Fase 2 : Problem Satatement (Identifikasi Masalah)
Menanya (Sikap Santun)
a.         Siswa merumuskan masalah yang akan diselesaikan.
b.        Siswa mempertanyakan karakteristik (tujuan komunikatif dan unsur kebahasaan) teks yang dibaca.
c.         Siswa mempertanyakan kosa kata atau kalimat yang tidak dipahami.

  Fase 3 : Data Callecting  (Mengumpulkan Data)
Mengeksplorasi (Sikap Kerja Sama)
a.         Melalui diskusi siswa mengumpulkan seluruh data mengenai fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan ungkapan menanyakan, memaparkan dan merespon niat melakukan suatu tindakan.

Fase 4 : Data Processing (Mengolah Data)
Mengasosiasi (Sikap Responsif)
a.         Siswa secara berpasangan mengolah data klasifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan untuk menanyakan, memaparkan, dan merespon ungkapan memaparkan niat melakukan suatu tindakan.
b.        Siswa secara berpasangan mengambil berbagai kesimpulan dari keterkaitan yang ditemukan.
c.         Siswa secara berpasangan menjawab pertanyaan-pertanyaan bacaan tentang berbagai aspek teks dari karakteristik, struktur, penggunaan, hingga isi teks berdasarkan hasil diskusi.
d.        Siswa secara berpasangan merancang teks lisan interpersonal menanyakan, memaparkan, dan merespon sesuai dengan struktur teks dan unsur kebahasaan ungkapan memaparkan niat melakukan suatu tindakan.

Fase 5 : Verification (Menguji Hasil)
Mengkomunikasikan
a.         Siswa membuktikan pemahamannya dengan mengkomunikasikan jawaban-jawaban dari pertanyaan berdasarkan bacaan dari hasil diskusi kelompoknya.
b.        Siswa mempresentasikan dialog interpersonal sederhana ungkapan menanyakan, memaparkan, dan merespon niat melakukan suatu tindakan.

Fase 6 : Generalization (Menyimpulkan)
a.         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan untuk menanyakan, memaparkan, dan merespon ungkapan memaparkan niat melakukan suatu tindakan.

3.        Kegiatan Penutup
a.         Guru dan peserta didik menyimpulkan materi ungkapan memaparkan niat melakukan sesuatu tindakan.
b.        Guru memotivasi peserta didik untuk menerapkan ungkapan memaparkan, niat melakukan sesuatu tindakan dalam kehidupan sehari-hari.
c.         Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan datang tentang modal phrases untuk memaparkan niat melakukan suatu tindakan.


H.      Penilaian Hasil Belajar
1.   Penilaian Spiritual dan Sikap Sosial
a.         Teknik                           : Observasi/pengamatan
b.        Sikap yang dinilai         : Ketaqwaan, santun, responsif, kerja sama
c.         Observasi                      : Jurnal guru
No
Hari/Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
























2.    Penilaian Pengetahuan
Indikator
3.3.1. Mengemukakan fungsi sosial  teks interaksi transaksional lisan dan tulis tentang tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.
3.3.2. Menentukan  struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

a.         Teknik                           : Mengisi Teks Rumpang
b.         Bentuk                          : Tes Tulis
c.         Instrument                    :

Complete the jumble sentence with suitable expression.
Sarah               : Hello Ali, (1)_________________do this weekend? (Plan in the  future)
Ali                   : Hello, (2) ________________visit my grandmother in Jakarta. How about you? (Plan in the  future)
Sarah               : Well, I still do not have any plan for the weekend.
Ali                   : (3)________________ go to museum?  (Sudden Intention: Question)
Sarah               : That is a good idea. But, I have to do my homework. Have you done your homework?
Ali                  : Not yet, (4) _________________do them this evening. (Sudden Intention)
Sarah               : Well, can we do together?
Ali                   : Yes, of course.
Sarah               : Okay, great. (5) _________________ to your house at 4 P.M then. (Sudden Intention)
Ali                   : I (6)________________ be waiting for. (Sudden Intention)

Kunci Jawaban
Sarah               : Hello Ali, (1) What are you going to do this weekend? (Plan in the  future)
Ali                   : Hello, (2) I am going to visit my grandmother in Jakarta. How about you? (Plan in the  future)
Sarah               : Well, I still do not have any plan for the weekend.
Ali                   : (3)Will you go to museum?  (Sudden Intention: Question)
Sarah               : That is a good idea. But, I have to do my homework. Have you done your homework?
Ali                  : Not yet, (4) I will do them this evening. (Sudden Intention)
Sarah               : Well, can we do together?
Ali                   : Yes, of course.
Sarah               : Okay, great. (5) I will go to your house at 4 P.M then. (Sudden Intention)
Ali                  :  I will be waiting for. (Sudden Intention)




d.        Pedoman Penskoran                 :
Rubrik Tes Tertulis












No Soal
Keterangan Penskoran
Skor

1
Tepat

3

KurangTepat

2

Tidak Tepat

1

2
Tepat

3

KurangTepat

2

Tidak Tepat

1

3
Tepat

3

KurangTepat

2

Tidak Tepat

1

4
Tepat

3

KurangTepat

2

Tidak Tepat

1

5
Tepat

3

KurangTepat

2

Tidak Tepat

1




Tepat

3

KurangTepat

2

Tidak Tepat

1

Pedoman Skor



Kriteria Penilaian





Skor per item
:
1 s.d. 3
91 - 100
:SB
(Sangat Baik)



Skor Maksimal
:
18

79 -   90
:  B
(Baik)









70 -   78
: C
(Cukup)





                    
< 70               :K
(Kurang)


18






































































PENILAIAN TES TERTULIS (KI-3)
Tahun Pelajaran 2017/2018













Nama Satuan Pendidikan
:
SMAN 2 Tembilahan

Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris




Kelas/Semester
:
X IPA 2/Ganjil


Materi


:
Expressing Intention

Tanggal


:
25 Oktober 2017

















No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah Skor
Nilai
Predikat
1
2
3
4
5
6
1



3
2
3
2
3
3
16
88.89
B
2









0
0
K
3









0
0
K
4









0
0
K
5









0
0
K
6









0
0
K
7









0
0
K
8









0
0
K

3.        Penilaian Keterampilan             :
       Indikator
4.3.1. Menyusun  ungkapan-ungkapan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.
a.         Teknik Penilaian              : Test Lisan
b.         Bentuk Penilaian            : Unjuk Kerja / Melakukan Percakapan
c.         Instrument penilaian        :
Make up short dialogs for the following situations. Read the answer of number 1 as an example.
1.   You plan to do the Biology homework at the library after school. You ask your classmate, Rina, to do it together with you.
A   : I am going to do my biology homework at the library after school. Rina, are you going to do that today, too?
B   : Yes. I am going to do it today. The sooner we finish it the better. We can go to the library together.
2.   Holliday is coming on December. You plan to visit your friend in Pekanbaru. Firstly, you call her to confirm her avaibility in Pekanbaru on December.
(Future Plan)
___________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________
___________________________________________________________________________ ___________________________________________________________________________
3. Your friend visit you. She/he is very hungry. You offer something to eat. Then, you cook for her. (Sudden Intention)
___________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________

d.        Pedoman Penskoran        :

No
Aspect of Scoring
Scoring
Low (1)
Average (2)
Good (3)
1
Accuracy



2
Vocabulary



3
Fluency



4
Pronounciation




Total




Total Score





           
Pedoman Skor



Kriteria Penilaian


















Skor per item
:
1 s.d. 3

91    Nilai    100
:    A  (Sangat Baik)

Skor Maksimal
:
12


79    Nilai      90
:    B  (Baik)







70    Nilai      78
:    C  (Cukup)







Nilai  < 70

:    K  (Kurang)























Nama Satuan Pendidikan
:
SMAN 2 Tembilahan








Mata Pelajaran

:
Bahasa Inggris









Kelas/Semester

:
X IPA 2 ./Ganjil









Materi

:
Expressing Intention (Speaking)



















No
Tanggal
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah Skor
Nilai
Predikat

1
2
3
4

1












2












3












4












5












6












7












8












9












10












11












12












13












14












































B.       Program Tindak Lanjut
a.       Remedial
·         Peserta didik yang belum mencapai KKM (65) diberi tugas membuat teks interpersonal tulis pemaparan niat melakukan sesuatu.

PROGRAM REMIDI

Sekolah                                    : ........................
Kelas/Semester                       : ........................
Mat Pelajaran                        : ........................
Ulangan Harian Ke               : ........................
Tanggal Ulangan Harian      : ........................
Bentuk Ulangan Harian       : ........................
Materi Ulangan Harian        : ........................
(KD/Indikator                         : ........................
KKM                                        : ........................

No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Ket.
1






2






3






4






dst,











                Soal Remedial :
Have a casual chat with your friend. Tell him/her the activities you plan to do after school. For example, you make a plan, called plan A, but you need to make a backup plan called plan B, just in case something happens.
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Pedoman penskoran :
Rubrik
Excellent:
Good:
Fair:
Inadequate:
Inacceptable:
Kesesuaian tugas / isi
87-100
80-86
75-79
65-74
0-64
Kesesuaian langkah retorika
91-100
80-86
75-79
65-74
0-64
Kesesuaian bahasa
91-100
80-86
75-79
65-74
0-64
Kelayakan bentuk
91-100
80-86
75-79
65-74
0-64

b.      Pengayaan
·         Bagi peserta didik mempunyai nilai di atas 65 diberi pengayaan berupa tugas kelompok membahas beberapa teks interpersonal pemaparan niat melakukan sesuatu.

Tembilahan , 17 Oktober 2017
Mengetahui:                                                    Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



Popular posts from this blog

SOAL BAHASA INGGRIS KELAS XII SEMESTER GANJIL

SOAL BAHASA INGGRIS KELAS XI/GANJIL 2018

SOAL BAHASA INGGRIS LINTAS MINAT KELAS X KURIKULUM 2013